Saturday, June 15, 2013


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah                        : SMP-IT MA Mathla’ul  Anwar
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia    
Kelas / Semester         : IX/1
Standar Kompetensi  : 3.  Memahami  ragam wacna tulis dengan membaca intensif dan membaca memindai kegiatan membaca intensif.
Kompetensi Dasar      : 3.1. Membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar dan mendata fakta yang ada.
Alokasi waktu                        : 2 x  40 menit

1.         Tujuan Pembelajaran
            Peserta didik Dapat membedakan antara fakta dan opini

Karakter siswa yang diharapkan :   Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
2.         Materi  Pembelajaran

Membedakan Fakta dan Opini dalam Teks Iklan
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan kamu dapat:
􀁺 mengidentifikasi fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
􀁺 membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar.
Iklan dapat kita temukan di media cetak (koran, majalah, tabloid) maupun
di media elektronika (radio, televisi). Hampir semua koran atau majalah
menyediakan ruang untuk memuat iklan. Setiap hari ada saja orang, lembaga,
atau perusahaan yang memasang iklan untuk berbagai keperluan. Dengan
demikian, setiap hari kita akan dapat menemukan informasi baru berupa
penawaran produk, jasa, lowongan kerja, atau informasi yang lain dalam kolom
iklan.
Olahraga dan Kebugaran 17
Hal ini sebagai indikator bahwa komunikasi antara pemasang iklan dengan
pelanggan atau dengan pembaca dapat dijalin melalui media iklan. Oleh sebab
itu, dalam pembelajaran berikut ini kamu akan diajak untuk mencermati fakta
dan opini yang terdapat dalam iklan.
1. Mencermati Teks Iklan
Cermatilah teks iklan baris berikut!
RUMAH DIJUAL-BODETABEK
Dijual Cepat, Rumah tipe 48/90 di perumahan Kota Wisata -
Cluster Montreal Blok YA 15 No 15. Bebas Banjir, Kondisi
standard dan bagus. Harga 220 jt, nego. Hubungi (021)
82482136, 081288731588 (Farah)
2. Menemukan Fakta dan Opini yang Terdapat dalam Teks Iklan
Dalam teks iklan di atas, terdapat informasi yang berupa fakta dan
berupa opini. Dikatakan sebagai fakta apabila informasi itu berupa sesuatu
yang benar-benar ada, benar-benar terjadi atau informasi yang
sesungguhnya. Selain itu, kebenaran informasi yang berupa fakta tidak
diragukan lagi. Sebaliknya, sesuatu dikatakan pendapat, jika informasi
dalam iklan itu merupakan ide, gagasan, pendapat, pemikiran atau
penawaran untuk mempengaruhi pembaca.
Informasi yang berupa fakta adalah:
a. tipe rumah yang dijual 48/90
b. terletak di perumahan Kota Wisata-Cluster Montreal Blok YA 15 nomor
15,
c. nomor telepon (021) 82482136, 081288731588.
Informasi yang berupa opini adalah:
a. menurut pemasang iklan lokasi perumahan itu bebas banjir (ide
pemasang iklan untuk mempengaruhi pembeli).
b. kondisi standar dan masih bagus (ukuran standar dan bagus tidak jelas,
kebenarannya perlu dibuktikan).
c. ditawarkan dengan harga 220 juta, nego (pemikiran).       
3.         Metode Pembelajaran
            a. Tanya jawab
            b. Inkuiri

4.         Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
            a. Kegiatan Awal
Apersepsi :
1. Peserta didik diajak  melihat Koran dan mencermati iklan yang memuat fakta dan opini
Memotivasi :
Peserta didik dan guru bertanya jawab tentang berbagai isi teks iklan yang memuat fakta dan opini




            b. Kegiatan Inti         
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
mampu bercerita dengan urutan yang baik,suara,lafal, intonasi, gesture dan mimik yang tepat
memfasilitasi Peserta didik dapat membedakan antara fakta dan opini.
melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran.

Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
Secara kelompok Peserta didik mendiskusikan fakta dan opini yang ada dalam teks iklan
Peserta didik  diajak membahas dan mengkelompokkan mana yang berupa fakta dan opini
Peserta didik menyi8mpulkan dan membedakan fakta dan opini dalam teks iklan
memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
membantu menyelesaikan masalah;
memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Akhir
            Dalam kegiatan penutup, guru:
bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik

5.         Sumber Belajar
            a. Media cetak / surat kabar
            b. Buku pelajaran bahasa Indonesia Kelas IX

6.         Penilaian
            Penilaian proses dilaksanakan selama pembelajaran berlangsung
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
Instrumen
Mampu mendata fakta yang ada dalam teks
Mampu mendata opini yang ada dalam teks
 Mampu membedakan fakta dan opini

Penugasan individual/ke-lompok
Pekerjaan rumah (PR)
Tulislah pernyataan yang merupakan fakta  dan  opini!
Bedakan antara fakta dan  opini dalam suatu teks!

            1. Tulislah minimal empat pernyataan yn g berupa fakta dan pendapat !
            Pedoman penskoran
Kegiatan
Skor
1. Peserta didik menulis 4 atau lebih fakta dan opini
2
2. Peserta didik menulis 1 – 2 fakta dan opini
1
3. Peserta didik tidak menulis apa-apa
0

            2. Bedakan apa yang dimaksud fakta dan opini
Kegiatan
Skor
1. Peserta didik dapat membedakan
1
2. Peserta didik tidak dapat membedakan
0
                                   


           
Mengetahui,
Kepala SMP-IT MA Malingping



(H. Ading Subarna, Lc)
NIP / NIK : ..........................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel Bhs Indonesia.


( RIDWAN FIRDAUS, C. S. Pd)
NIP / NIK : ..........................


No comments:

Post a Comment